Fungsi Fruity Limiter + Compresor + Gate


Mungkin kamu kurang memperhatikan Fungsi Fruity Limiter yang tampilannya kurang menarik sehingga tidak di hiraukan. kan ada Fruity Compressor.......... yaaaah hampir sama sih cuma ini lebih berfisual HAHAHA..... selain taste/selera ada perhitungan juga untuk mengemix sebuah lagu (prosedur pribadi yang di dapatkan dari Sharing,pengetahuan dan pengalaman yang utama)



Fruity Limiter adalah Kompresor tunggal yang dapat gunakan pada satu instrument di Mixer Fl studio di Post Input untuk mendapatkan hasil master yang berkualitas baik dan juga dapat di gunakan di post Output untuk mendapatkan hasil finish yang baik pula. Juga sering di gunakan pada tiap audio instrument yang terlanjur kurang kurang baik/over limit/kelewat batas


Kapan menggunakan: Fruity Limiter sangat ideal untuk memaksimalkan & membatasi  penekanan & membatasi suara individu atau melakukan tugas dasar 'noise gate'.
Dan terkait Maximus (multiband kompresor / limiter / maximizer), Compressor Fruity, Fruity Multiband Compressor dan Soundgoodizer




CATATAN: Untuk menggunakan Compressor atau Limiter , putar Ceil Limiter atau Compressor threshold untuk nilai maksimum masing-masing.


Compresor kontrol 


Kompresi adalah bentuk kontrol gain otomatis yang mengurangi rentang dinamis dari suara. Ketika sinyal input melebihi batas yang telah ditentukan tingkat kenaikan diperlambat (atau bahkan berhenti) setelah itu. Seni pengaturan kompresor terutama dalam fine-tuning besarnya, kecepatan dan waktu perubahan gain otomatis sehingga proses kompresi tidak meninggalkan bekas. Bagaimana bisa mengurangi puncak amplitudo membuat suara tampak lebih keras? Untuk memahami ini kita perlu mempertimbangkan cara pendengaran kita menafsirkan start (attack) dan body (sustain) porsi suara. Attack (pertama ~ 10 ms) digunakan untuk membentuk kesan dari warna nada, kejelasan, kerenyahan dan pukulan, sedangkan Sustain berkontribusi paling besar terhadap persepsi kenyaringan. Dengan demikian  yang paling penting persepsi kenyaringan karena  berasal dari sebuah gabungan (rata-rata) dari sebelumnya 600-1000 ms untuk suatu waktu tertentu. Attack transien (durasi sangat pendek) tidak punya banyak bobot (karena pendeknya durasi) seperti  mempertahankan porsi suara. Menurunkan amplitudo transien puncak, membebaskan head room untuk meningkatkan keuntungan dari bagian sinyal (setelah kompresi), maka langkah ini yang meningkatkan kenyaringan. Namun, seperti yang kita disinggung sebelumnya, kompresi merupakan trade-off antara dinamika dan kenyaringan,hahahahahaha............
selamat datang ke perang kenyaringan!


Ada tiga bagian yang perlu di perhatikan

Loudnes, Envelope, Noise gate.

Walaupun Nama dari Knob pada gambar sama tapi fungsinya berbeda karna telah terpartisi dan di bawah ini adalah penjelasannya
untuk fungsinya tekan Comp

Loudness

Kontrol ini mempengaruhi masukan dan batas kompresi untuk Fruity Limiter.

GAIN (ungu)      : Post output kompresi (makeup) Gain.


THRESH (Biru)   : Ambang batas Kompresor. Mengatur tingkat di atas sinyal yang akan dikompresi.
                                 Untuk menonaktifkan tahap kompresor tarik Thresh ke (0 dB) tingkat maksimum.


RATIO (Biru)       : Rasio kompresi. Mengatur toleransi kompresi yang akan diterapkan setelah  
                                  ambang batas telah terlampaui.


KNEE (Biru)         : Tingkat Kompresi. Mengatur transisi antara tidak dan penuh dengan kompresi.  
                                  Rasio kompresi dapat diatur untuk meningkatkan secara bertahap (soft knee)
                                  atau cepat (hard knee ). Selubung kompresi akan menampilkan sementara 
                                  tombol di aktifkan.
  


Envelope

ATT (Attack time) : Mengatur seberapa cepat respon awal sinyal (dalam ms).
 
CATATAN: Atacktime ini terkait dengan fungsi yang menambahkan penundaan ke plugin audio. Untuk Antisipasi, agar 'Plugin penundaan kompensasi> otomatis' pilih Mengatur seberapa cepat sampul merespon awal sinyal (dalam ms). CATATAN: Waktu serangan ini terkait dengan 'melihat' fungsi yang menambahkan penundaan ke plugin audio. Untuk memperbaiki hal ini, memastikan bahwa agar 'Plugin penundaan kompensasi> otomatis' pilihan pada menu Mixer ketika menggunakan Fruity Limiter. Pengaturan lebih besar dari 0 ms pada menu Mixer ketika menggunakan Fruity Limiter.

CURVE (Attack & Release curve) : Pilih dari kurva 1 (lereng curam) sampai 8 (lereng rendah). Kontrol ini menetapkan baik Attack dan Release curves.

Sidechain : Ini pemilih Works dalam hubungannya dengan Mixer Sidechain (Track Send) routing. Pilihan Sidechain tidak akan tersedia sampai satu atau lebih track Sidechain diatur dalam Mixer (kecuali jika Fruity Limiter berada di jalur Master Mixer, ketika semua trek tersedia). Sidechain ini dikirim dari Sidechain sumber Mixer trek ke Fruity Limiter Mixer trek





Noise Gate 
Untuk fungsinya tekan limit

GAIN (Noise gain) : Mengatur tingkat sinyal dalam kondisi tertutup (default 100%, yaitu tidak ada gating). Aktifkan ke kiri untuk lebih banyak efek gating.


THRESH (Noise threshold) : Gate threshold. Ketika tingkat input melewati ambang Kebisingan terbuka (seketika). Gate release terpicu ketika sinyal jatuh di bawah threshold ini sama untuk menghentikan sinyal.
 
REL - (Noise release time) : Gate ini berguna untuk menekan suara yang kadang-kadang menjadi terdengar di ekor-akhir sangat terdengar ketika tingkat tinggi (kompresi post) gain digunakan. Hal ini juga dapat digunakan untuk tujuan yang kreatif, seperti suara klasik 'snare gated'. Tempatkan reverb heavy panjang pada snare, kemudian atur Gain gate ke minimum, Release tinggi dan Threshold untuk membuka pada hit snare awal. Tune panjang release untuk mencocokkan BPM trek.


andai aja Fruity Limiter bisa di pake di media player mengasyikan sekali..............



Admin Web Developer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar