Sejarah Dan Apa Itu musik Chiptune


Ok deh Berhubugan , Masih belum Mengerti Musik Chiptune itu apa . Langsung saja Kita ke intinya hehehhe ^_^  ., 


Sumber http://chip.co.id


Chiptune telah lama dikenal sebagai soundtrack game, dan oleh masyarakat urban di era 1980-an, musik ini diputar saat mereka ber-ajojing ria di lantai dansa. Musisi chiptunes yang terkenal dari masa ke masa di antaranya: Yellow Magic Orchestra, Martin Galway, Toshio Kai, Nobuyuki Ohnogi, Yuriko Keino, YMCK, Nullsleep, Pixelh8, Henry Homesweet, dan masih banyak lagi.
Apabila Anda gemar bermain game arcade game yang berbentuk pixel (kotak-kotak mungil) menggemaskan, seperti Space Invaders, Galaxian, Pac-Man, Battlezone, Donkey Kong, Popeye, Fatal Fury: King of Fighters, Mortal Kombat, sudah pasti game ini berhubungan dengan musik tulit...tulit...tulit...chiptune.
Di Indonesia, masa keemasan chiptune berlangsung di tahun 2008, dimana banyak musisi chiptune terdongkrak namanya karena membuat musik dari media yang tidak biasa. Salah satu musisi yang berkarir di jalur musik chiptune di Indonesia adalah Vibrick.
Lelaki tambun yang memiliki backgound desain grafis ini lebih memilih menciptakan musik asyik dari media gameboy dan diaktualisasikan bersamaan dengan synthesizer, personal computer dan audio programming language. Dia mencoba mengenalkan kembali musik chiptune di Indonesia yang saat ini sedang terlelap dalam peraduannya.
Bebeberapa waktu lalu, Sismi Priguna dari CHIP berbicang-bincang dengan Vibrick di salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta untuk mencari tahu lebih banyak mengenai chiptune. Berikut petikannya:
Dalam kacamata Anda, musik chiptune itu apa?
Chiptune adalah sebuah format suara yang dihasilkan oleh chip komputer atau console video game klasik, mulai populer di era 80-an seiring dengan munculnya console video games. Awalnya digunakan oleh para composer musik untuk soundtrack dan sound fx game.
Apa yang membedakan dan membuat musik chiptune berbeda dengan genre musik yang lainnya?
Chiptune bukan sebuah genre musik, tetapi sebuah format suara yang dihasilkan oleh sebuah hardware. Dari segi teori musik tidak ada yang berbeda, sama-sama menggunakan 7 tangga nada. Dalam berkreasi pun, ada perbedaan dengan jumlah channel yang disediakan. Kalau biasanya di komputer modern kita bisa sesuka hati membuat banyak instrumen, tidak berlaku di Chiptune musik. Kita harus memaksimalkan channel yang disediakan (misalnya 1 sampai 8 instrumen saja).
Apakah musik chiptune itu juga terbagi-bagi genre-nya musiknya?
Ada dong, karena musik chiptune itu sendiri memang memadu pandankan serangkaian jenis musik yang diubah dalam bentuk format suara 8-bit. Jadi, genre musik chiptune pun terbagi-bagi dari beberapa jenis musik lainnya, mulai dari; Jazz, Punk, Pop, Rock, Dubstep, Hard Rock, SKA, House Music, Blues, Fusion, sampai dengan musik tradisional pun bisa di-remix ke dalam format suara chiptunes.
Alat yang digunakan untuk menciptakan suara chiptune itu apa saja? Bagaimana menggunakan alat yang sederhana tersebut menjadi maksimal?
Untuk hardware sangat banyak: mulai dari NES, Sega, Gameboy, Atari, Commodore64. Namun, di Indonesia sendiri GameBoy adalah pilihan yang paling banyak dipergunakan karena bentuknya yang simple dan portable. Untuk pengunaannya (dalam hal ini GameBoy) hanya disediakan 4 channel instrument, dimana 4 channel itu bisa kita maksimalkan dengan cara memanfaatkan slot yang tersedia.
Bisa diceritakan bagaimana musik chiptune bisa hadir di Indonesia?
Chiptune hadir di Indonesia sekitar tahun 2006/2007 yang dipelopori oleh Zacka Abi Burdah (JW86) dan Syafwin Ramadhan Bajumi (CMM). Lalu, tahun 2007mulai dibuat sebuah event tahunan bernama "Pesta Mikro", yang menghadirkan musisi Chiptune lokal maupun internasional. Pesta Mikro sudah diadakan sebanyak 3 kali, yaitu tahun 2007, 2008, dan 2009 di Jakarta. Seiring dengan melebarnya sayap media digital mulai banyak bermunculan musisi chiptune yang tersebar hampir di seluruh kota-kota di Indonesia. Hal inilah yang membuat Indonesian Chiptunes di akui sebagai komunitas chiptune dengan anggota terbanyak di Asia Tenggara.
Bagaimana kabar chiptune di Indonesia?
Chiptune di Indonesia saat ini berkembang sangat pesat. Banyak musisi lokal chiptunes yang namanya tidak hanya dikenal di Indonesia, tetapi juga tekenal hingga mancanegara. Para musisi lokal chiptunes adalah; Massive Until Morning, JW86, CMM (Curah Melodia Mandiri), Sunday Carousel, Turbo Blip, Twelve Insomnia, Hellostreo, dan saat ini juga mulai banyak bermunculan musisi baru yang jumlahnya mencapai ratusan.
Untuk perkembangan musik chiptune di Indonesia, setelah masa kejayaan di tahun 2008 yang berhasil memeriahkan pendengaran anak muda Indonesia dengan musik yang berisi dan mengajak mereka bertandang menikmati aksi panggung para musisi chiptunes lokal ke "Pesta Mikro", sayangnya sekarang gaungnya mulai menyurut karena para pendekar musik chiptunes yang lebih dahulu berkutat di dunia ini sibuk dengan urusan mereka masing-masing.
Maka dari itulah, di tahun 2013 kami berencana untuk merampungkan official forum online kami sehingga nantinya mudah diakses oleh semua orang yang mau belajar musik chiptunes dari A sampai Z. Saat ini, kegiatan kami fokus di edukasi kepada masyarakat tentang musik Chiptunes.
Kami juga berencana untuk mengadakan big event dengan berbagai macam konsep yang terdiri dari workshop, art gallery, dan music performance. Jadi, ditunggu saja tanggal mainnya.
Vibrick
Untuk Vibrick sendiri, bagaimana ceritanya dirimu tertarik ke industri chiptune?
Akhir tahun 2006 ketika sedang jenuh dengan pekerjaan kantor, saya iseng browsing Myspace. Saat asik browsing tiba-tiba saya melihat profile sebuah band chiptunes asal Italy, Fish and Chip 8 bit. Penasaran dengan suara yang dihasilkan serta musiknya yang unik, semakin membuat saya penasaran.
Akhirnya, di tahun 2007 terdapat sebuah acara musik chiptune pertama di Indonesia, Pesta Mikro. Rasa penasaran saya semakin tidak tertahankan akan alunan musik menggelitik namun unik tersebut membuat saya memberanikan diri untuk datang ke acara tersebut. Selang tidak lama dari acara tersebut, jawaban akan pertanyaan-pertanyaan akan musik chiptune pun terjawab sudah. Saya berkenalan dengan teman-teman musisi chiptune yang sudah lebih dahulu bergabung di industri tersebut untuk mendengarkan cerita mereka dan menyelami gaung musik ini lebih lanjut. Maka, semenjak itulah saya bergabung aktif dengan komunitas ini dan mendukung perkembangan musik chiptunes di Indonesia. 
Berapa lama bagi Vibrick belajar menciptkan musik chiptune?
Dibutuhkan waktu sekitar 1 hingga 2 bulan untuk saya belajar menciptakan musik chiptune dari gameboy mulai dari dasarnya. Karena inti utama membuat musik chiptune adalah kunci nada, sehingga apabila kita sudah mengerti kunci nada yang baik, maka tidak diperlukan waktu yang lama untuk menciptakan musik chiptune dari konsol jadul, seperti gameboy, nintendo, tetris, piano mainan, dan masih banyak lagi media unik lainnya.
Setiap proyek chiptune yang telah saya siapkan, kalau dahulu dipasarkan di media jejaring sosial khusus pecinta musik di myspace (www.myspace.com/vibrick), tetapi untuk saat ini banyak musisi chiptunes yang menggunakan media jejaring musik seperti soundcloud dan last.fm.
Siapa saja artis top chiptune yang menurut Anda karyanya berbeda dengan musisi lainnya? 
Artist top Chiptunes yang karyanya menjadi inspirasi saya, mereka di antaranya ada ; Anamanaguchi, Nullsleep, Bit Shifter, USK, Sabrepulse, Henry Homesweet, YMCK, dan masih banyak lagi.
Setelah menciptakan musik chiptune, sudah pasti Vibrick melakukan aksi panggung kan. Boleh tahu, pengalaman seru apa selama manggung?
Pengalaman seru saya saat manggung membawakan musik chiptune, bisa dimulai dari console yang crash, baterai gameboy habis saat mau memulai memainkannya, sampai bisa manggung di acara pensi besar merupakan pengalaman tidak akan terlupakan bagi saya. Apalagi, terdapat tantangan terberat dalam musik chiptunes adalah kita harus menjaga dengan baik-baik barang dari era 80-an yang usianya sudah tidak muda lagi dan aksesorisnya sudah tidak banyak dipasarkan lagi.



Ok Sekarang Sudah Jelas & Sudah Tau kan Chiptune itu apa , :) Bagi yg ingin Membuat Alat2 Untuk Membuat Musik Chiptune nanti saya akan mempostnya ^_^ ,

'' Bagi yg igin mencoba Mengunakan Vsti 'Wahh Bisa Lebih enak lagi dong.hehhhehe.Lebih Simple ' Bisa Melihat Artikel saya Di Category Vsti Chiptune :)  

@Vikry_al
Admin Web Developer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar